Wisata Kampung Vietnam Batam

Wisata Kampung Vietnam Batam0812 9393 9797, Wisata Kampung Vietnam Batam

 

Wisata Kampung Vietnam Batam – Kampung Vietnam nan penuh misteri, itu informasi yang akan Anda peroleh. Penuh misteri atau tidak, sebenarnya ini adalah presepsi masing-masing. Namun pada kenyatannya, kampung ini ada di pulau Galang, kep Riau. Tentunya ini akan menjadi atraksi wisata sejarah menarik yang dapat Anda kunjungi.

Camp Vietnam

Seperti diketahui bersama pada tahun 1979, di Vietnam telah terjadi perang saudara. Karena kekacauan yang terjadi itulah, sebagian orang lebih memilih untuk mengungsi ke negara tetangga, salah satunya ke Indonesia, tepatnya ke pulau Galang. Sebenarnya beberapa dari para pengungsi tersebut ada yang sampai ke pulau Natuna, Tanjung Pinang, dan pulau lainnya. Pulau galang sengaja dipilih kala itu, karena pulau ini masih belum berpenghuni.

Setibanya di pulau Galang, para pengungsi ini, diberi lahan seluas 80 hektar, dan sanggup menampung sekitar 250.000 pengungsi dari Vietnam. Di lokasi tersebut, kemudian dibangun beberapa infratruktur untuk para pengungsi, mulai dari aneka barak, rumah sakit, tempat ibadah, sekolah, bahkan hingga fasilitas penjara.

 Objek wisata yang dapat Anda kunjungi

Seperti namanya kampung di lokasi ini, Anda akan melihat berbagai macam bangunan. Namun jangan samakan kampung yang ada di pikiran Anda dengan kampung di lokasi ini. Namanya memang Kampung Vietnam, namun kampung yang satu ini hampir tidak ada penghuninya, yang ada hanyalah berbagai monument, bangunan tidak berpenghuni dan hal lainnya. Berikut ini adalah beberapa objek wisata yang dapat Anda kunjungi, antara lain :

  1. Mengunjungi patung Tinhn Han Loai

Berada di dekat pintu masuk camp Vietnam, yang merupakan patung kemanusiaan atau Humanity Statue. Sengaja didirikan guna mengenang kisah tragis seorang wanita  yang bernama Tinhn Han Loai yang mati akibat bunuh diri, akibat rasa mau yang diderita karena korban pemerkosaan oleh sesama pengungsi.

  1. Monumen perahu

Perahu ini yang digunakan para pengungsi untuk sampai ke pulau Galang. Ukuran perahu memang tidak terlalu besar, tapi sanggup menampung sekitar 100 orang. Beberapa perahu masih tetap berdiri tegak, sedangkan yang lainnya hancur dimakan usia.

  1. Pemakanan Nghia-Trang galang

Ini adalah komplek pemakanan pengungsi Vietnam yang ada di pulau Galang. Jumlahnya sekitar  503 buah, pengungsi yang meninggal di tempat ini kebanyakan akibat penyakit atau wabah.

  1. Museum Camp Vietnam

Ada juga museum peninggalan para pengungsi, lengkap beserta foto 100 wajah pengungsi dan aneka benda peninggalannya.

  1. Vihara Quan Am Tu

Adalah salah satu tempat peribadaan yang masih beridri di lokasi tersebut Di depan kuil, Anda akan melihat patung Dewi Guang Shi Pu Sha, yang dipercaya akan memudahkan jodoh, dan kehamonisan rumah tangga.

  1. Rumah sakit dan penjara

Ada juga bangunan rumah sakit dan penjara. Dimana bangunan-bangunan tersebut kini sudah tidak terawat, ini yang membuat bangunan tersebut mulai hancur, dan terlihat angker. Sedangkan penjara sendiri, dahulu digunakan untuk menahan para pengungsi yang melakukan kejahatan.

Cara menuju kampung Vietnam

Tidak sulit untuk mengunjungi mengunjungi pulau Galang,  untuk menikmati objek wisata sejarah kampung Vietnam tersebut. Yang perlu Anda lakukan adalah mengarahkan kendaraan Anda menuju jembatan Balerang, tepatnya tidak jauh dari jembatan 4 Belerang. Dari pusat kota Batam, perjalanan dapat ditempuh sekitar 50 km. Lama perjalanan sendiri kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan. Ada 2 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengunjungi kampung Vietnam ini, yaitu menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan ojek.

Tiket masuk ke kampong Vietnam ini sendiri cukup murah, hanya sekitar Rp 5.000 saja. Setelah membayar tiket, maka Anda dapat masuk ke lokasi kampung tersebut.

Tips mengunjungi kampung Vietnam

Ada bebrapa tips menarik yang perlu Anda perhatikan ketika mengunjungi kampung Vietnam tersebut, antara lain :

  1. Ada baiknya jika Anda mengunjungi kawaan ini pada pagi hingga sore hari. Karena suasana kampung di sore hari terbilang suram.
  2. Ada baiknya jika Anda membawa bekal makanan, ketika mengunjungi objek wisata yang satu ini, karena di lokasi ini tidak ada yang menjual makanan, atau bahkan restoran.
  3. Apabila Anda berasal dari luar kota, dan ingin menginap, sebaiknya cari penginapan di pusat kota, karena di kawasan tersebut, tidak ada hotel atau bahkan penginapan.

Contact: 0812 9393 9797

Website: http://www.indowalk.com

Office   : Menara Palma, Kuningan JAKSEL